Senin, 07 Februari 2011

2011 LULUS UN ATAU TIDAK YA....

 SIMULASI KELULUSAN  UN 2011

Permendiknas Nomor 45/2011 tentang Kriteria Kelulusan dan Permendiknas Nomor 46/2011

tentang Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMP dan SMA.


Beberapa hari setelah keputusan permendiknas no 45/2011 tentang kriteria kelulusan ujian nasiona saya download dariwww.ujiannasional.org, saya mendapat amanah dari kepala madrasah untuk membuat program/aplikasi simulasi kelulusan bagi para siswa. Tujuan pembuatan program/aplikasi ini agar anak-anak dapat mempersiapkan startegi yang efektif bagi mereka untuk menentukan nilai kelulusan. Salah satu tujuan simulasi tersebut adalah siswa dapat memprioritaskan mapel-mapel yang memberi nilai lebih dan menjaga agar mapel yang sulit bagi mereka tetap bisa mereka raih dengan nilai minimal. Harapan setiap orang pasti semuanya lulus dengan nilai baik, tapi simulasi ini dibuat dengan tujuan agar anak bisa menerapkan strategi dan memasang target yang realistis. Apalagi jika dikaitkan dengan input siswa di satker kami yang rata-rata menengah ke bawah (dari segi kemampuan kognitifnya), maka simulasi ini sangat perlu dibuat.
Seperti yang telah kita ketahui, kriteria penilaian kelulusan ujian nasional pada tahun 2011 sekarang ini berbeda dibanding tahun-tahun lalu. Kelulusan tahun 2011 sekarang ini tidak hanya ditentukan oleh hasil Ujian Nasional tetapi juga dengan ditentukan oleh nilai sekolah, tentu saja dengan persentase tertentu pada setiap komponen penentu kelulusannya.
Secara rinci kriteria kelulusan ujian nasional 2011 adalah :
  1. kelulusan ditentukan oleh Nilai Ujian Nasional dan Nilai Sekolah
  2. Nilai UNAS menyumbang 60% kelulusan
  3. Nilai Sekolah menyumbang 40% kelulusan.
  4. Nilai sekolah di dapat dari Nilai Ujian sekolah dan Nilai Raport
  5. Nilai Ujian sekolah di dapat dari ujian akhir sekolah, menyumbang 60% pada niNai Sekolah
  6. Nilai Raport adalah nilai rata-rata Raport semester 3, 4, dan 5. Menyumbang 40% pada Nilai Sekolah.
  7. Nilai Ujian Nasional dam Nilai Sekolah di jumlahkan untuk mendapatkan Nilai Akhir
  8. Nilai Akhir pada setiap mata ujian tidak boleh <4,00
  9. Nilai rata-rata tidak boleh kurang dari 5,50
Berdasarkan kriteria tersebut akhirnya saya membuat aplikasi simulasi dengan menggunakan Microseft Excel 2007 dengan pedoman sesuai pada kriteria di atas. Bagi yang berminat mendownload file tersebut, silahkan klik link di bawah ini :

SIMULASI KELULUSAN 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar