Rabu, 26 Januari 2011

Pasukan AS Mulai Ditarik dari Afghanistan

Rabu, 26/01/2011 10:59 WIB
Obama Tegaskan Pasukan AS Mulai Ditarik dari Afghanistan pada Juli  
Rita Uli Hutapea - detikNews






Washington - Presiden Amerika Serikat kembali mengulang janjinya untuk segera memulai penarikan pasukan AS dari Afghanistan. Obama menegaskan, pasukan AS akan mulai ditarik pulang pada Juli mendatang.

Hal itu disampaikan Obama dalam pidato kenegaraan tahunannya di gedung Capitol Hill, Washington, DC. Dalam pidatonya di depan anggota Kongres itu, Obama juga mengingatkan akan adanya pertempuran-pertempuran yang sulit di Afghanistan.

"Berkat pasukan heroik dan warga sipil kita, kini lebih sedikit warga Afghan yang berada di bawah kendali pemberontak. Akan ada pertempuran sulit ke depannya, dan pemerintah Afghan perlu untuk menunjukkan kepemimpinan yang lebih baik," ujar Obama dalam pidatonya.

"Tahun ini kita akan bekerja dengan hampir 50 negara untuk memulai transisi ke kepemimpinan Afghan," tutur Obama seperti dilansir kantor berita
 AFP, Rabu (26/1/2011).

"Dan Juli ini, kita akan mulai membawa pulang pasukan kami," tandas Obama.

Dalam pidatonya ini, Obama lebih banyak memfokuskan pada isu ekonomi. Obama mengatakan bahwa Amerika harus menjadi tempat terbaik di dunia untuk melakukan bisnis.

Menurut Obama, Amerika tengah menuju arah yang benar dan sekarang perlu untuk menyusun kembali beberapa prioritas guna memastikan kekuatan dan stabilitas di masa mendatang.
(ita/nrl)


















1 komentar: